I tell you ...

Happy Icon" Dear all visitors who wants tobe my friend, I'm glad sharing my blog with you,..
And so We can learn together...about all things that usefull...
Don't forget to leave your comment.I'm proud for reading
them. And so glad to share with You,my friend"..
Photobucket

Adanya saya..

Foto saya
bekasi, bekasi/jabar, Indonesia
Seorang ibu rumah tangga yang berhenti bekerja demi konsent pada buah hati yang lama di nanti.. yang membutuhkan perhatian dan penanganan khusus....Seorang wanita yang ingin mengabdi pada rumah tangga untuk meraih kemuliaanNYA.. Seorang perempuan yang haus ilmu,..ingin mendapat ilmu dan ingin berbagi dengan ilmu..dan ingin berguna karena ilmu..Seorang hamba Allah yang ingin saling menyetrumkan semangat bagi sesama...ingin tau lebih banyak,banyak merenung,ingin maju,.
"Semoga bermanfaat, salam kenal..and thanks for visiting me..">

Selasa, 23 November 2010

Tanaman herba si alternatif yang menolong...


Seringkali kita mengabaikan khasiat tanaman obat sebagai alternatif pengobatan kita di kala kita mengalami gangguan kesehatan...KESEHATAN, ya kata yang sederhana tetapi sangat kita dambakan.karena sehat itu mahal..belum lagi harga obat kimia yang ada di pasaran sangatlah mahal, jika kita tebus di apotek...Bagi sebagian orang yang berkantung tebal, mungkin tidak bermasalah...bagaimana dengan saudara kita yang hidupnya pas-pasan?Jangankan untuk berobat, buat makan dan hidup sehari-hari saja sudah susah..Sebenarnya jika kita mau sedikit kreatif untuk membudidayakan tanaman herba ini sangatlah besar manfaatnya, selain konsep back to nature..baik bagi bumi kita tercinta ini juga baik bagi kesehatan badan. ..Berikut saya coba rangkumkan beberapa jenis tanaman herba yang berkhasiat juga bisa di budi dayakan :

LIDAH BUAYA (Aloe Vera)


Bisa menyembuhkan:
Sesak Nafas atau Asma:
Ambil 1 tangkaiLidah buaya, cuci bersih,panggang lalu diperas.air perasaan dapat diminum dengan menambahkan gula batu atau madu murni.
Obat pencahar:
Kunyahlah daging lidahbuaya sampai lembut. Kemudian di telan, setelahnya minumlah air putih.
Cara Budidaya:
Ditanam pada pot bertanah gembur dan letakkan ditempat terbuka yang langsung mendapat sinar matahari.Selain dengan bibit Lidahbuaya bisa dibudidayakan dengan cara memotong tunasyang tumbuh dari akar tunggalnya.

• SAMBILOTO (Sadilata/Andrographis Paniculata)


Bisa menyembuhkan:
Bersifat pahit dan mendinginkan cocok sebagai obat penghilang rasa nyeri,anti radang,pereda demam,penawar racun, dan menghilangkan panas dalam.
Demam tifoid(typhus):
Rebusan 10-15 daun sambiloto diambil airnya(dari dua gelas belimbing hingga tersisa kira-kira segelas),saring lalu tambahkan madu,diminum,laukan 3x sehari ampai demam hilang.
Batuk Rejan, Hipertensi:
5-7 lembar daun segar diseduh dengan ½ cangkir air panas,tambahkan madu,lakukan 3X sehari.
Luka Bakar:
Rebusan air Sambiloto secukupnya digunakan untukmengompres luka bakar.
Cara Budidaya:
Dengan biji atau steak batangnya, akan tumbuh di tempat dengan penyinaran dan kelembaban yang sedang.

• ALANG-ALANG (Imperata Cylindrica)


Bisa menyembuhkan:
Asma:
Rebus 100 gram akar alang-alang,25 gramkencur,25 gramdaun sirih dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengahnya disaring,tambahkan madu dan sesendok teh perasan jeruk nipis.diminum sekaligus sebelum tidur malam.
Radang paru-paru:
Rebuslah 500 gram akar alang-alang,5 helai daun sembung,10 kuntum bunga melati kering,garam dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya,saring.diminum 2x sehari
Cara Budidaya:
Sangat mudah tumbuh ,dibudidayakan dengan rimpang atau akar tunggalnya.


• BELIMBING WULUH/BELIMBING SAYUR


Bisa menyembuhkan:

Darah Tinggi:
Dicuci bersih 3 buah.potong rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa segelas,setelah dingin saring dan diminum, lakukan 3x sehari.
Pegal Linu:
Ambil segenggam daun, 10 butir cengkeh,15 biji lada, campur dan tumbuk halus, tambahkan cuka hingga menjadi bubur , oleskan pada bagian yang sakit.
Cara Budidaya:
Dibudidayakan dengan bijinya, siram dengan air yang cukup, ditanam di tanah yang kelembabannya terjaga, dengan pupuk organik,dan tempat terbuka.

• DAUN DEWA (gynura)

Bisa menyembuhkan:
Luka Bakar/teriris :
Umbi daun dewa dicuci bersih lalu dipipis,tambahkan sedikit gula merah hingga menjadi adonan seperti salep lalu balurkan pada tubuh yg sakit dan dibalut.
Kejang panas pada anak-anak:
Cuci sebatang tumbuhan daun dewa lalu ditumbuk , tambahkan madu lalu diminum.
Cara Budidaya:
Dibudidayakan umbin,tunas anakannya,dan disteak batang sekundernya,baik tumbuh di pekarangan rumah.

DAUN WUNGU/UNGU/HANDELEUM (Graptophylum Pictum Griff)


Bisa menyembuhkan:
Wasir :
Ambil 10 gram daun wungu, cuci bersih, rebus dari 2 gelas air sehingga menjadi segelas, saring dan diminum pagi dan sore masing-masing ½ gelas
Bengkak terpukul/memar
Ambil kulit batang daun wungu secukupnya, cuci dan ditumbuk halus.oleskan pada bagian yang memar. Balut.gantilah 2x sehari.
Cara Budidaya:
Dibudidayakan disteak batangnya,baik tumbuh di tempat terbuka,kena sinar matahari langsung, diiklimkering maupun lembab.

• DAUN MENIRAN/MEMENIRAN (phyllantus niruri)


Rasanya agak pahit,manis danmenyejukkan.sangat berkhasiat membersihakan hati,anti radang,pereda demam,penambah nafsu makan,mencerahkan penglihatan,meluruhkan haid
Bisa menyembuhkan:
Hepatitis :
Cuci 30-60 gram herba segar,rebus dari 3 gelas air hingga tersisa segelasnya,disaring dan diminum .Lakukan 1 x sehari selama seminggu.
Rabun Senja:
Ambil 15-20 gram daunmeniran cuci bersih tim dengan 2 potong hati ayam. Setelah dingin makan hatinya dan minum airnya.
Cara Budidaya:
Tumbuh liar ditempat llembab dan berbatu seperti saluran air, semak-semak, dan diantara reumputan.

JAMBU BIJI (psidium guajava)


Daunnya sangat berkhasiat sebagai antioksidan,antidiare,anti radang,penghenti pendarahan,dan peluruh haid.Buahnya mengandung beta keroten dan vitamin C.
Bisa menyembuhkan:
Sariawan :
Rebus 1 liter air,segenggam daun dan satu jari kulit batang yang sudah dicuci selama 15 menit,rebus dan minum.
Diare:
Cuci segenggam daun yang masih muda dan segar.Rebus dengan 3 gelas air sampai speruhnya.Gunakan air rebusan untuk menyeduh 1 sendok teh daun hijau.minumlah selagi hangat.lakukan 3x sehari sampai sembuh
Cara Budidaya:
Dibudidayakan dengan cangkok dan biji.Tumbuh baik pada tanah yang gembur maupun liat.terbuka,dan mengandung air yang cukup, tumbuh di dataran 1-1200m diatas permukaan laut.

Herba Yang Aman buat Anak-anak :

Tidak semua jenis herba baik bagi anak2, karena herba yang dikonsumsi orang dewasa ada yang tidak baik dikonsumsi anak-anak dengan pertimbangan selain pencernaan yang belum sempurna, kandungan tertentu pada tanaman herba malah membikin penyakit bertambah parah.Itupun pemberian herbal hanya dianjurkan untuk anak diatas 2 tahun, karena pertimbagangan kemampuan anak berkomunikasi dan bereaksi terhadap obat herba tersebut.
Adapun jenis yang masih tergolong aman untuk anak-anak adalah :

SAMBILOTO :
Karena sifatnya yang pahit, maka harus disesuaikan dengan kebutuhan, kekuatan kiver si anak.
• JAHE:
Bersifat hangat, namun tidak boleh diberikan jika pencernaan si anak bermasalah,gunakan kayu manis sebagai pelengkapnya.

Herba Yang TIDAK Aman buat Anak-anak :

• Daun Mahkota Dewa: dengan dosis yang kecil, karena beresiko racun
Buah Mengkudu: dengan dosis yang kecil, bersifat keras bisa menimbulkan iritasi akibat bentukan fermentasinya.
Lidah Buaya: sifatnya terlalu dingin buat pencernaan anak2.
Buah MIMBA, sama seperti mahkota dewa,berpotensi mengandung racun untuk anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Would you like to leave your Comment?..