I tell you ...

Happy Icon" Dear all visitors who wants tobe my friend, I'm glad sharing my blog with you,..
And so We can learn together...about all things that usefull...
Don't forget to leave your comment.I'm proud for reading
them. And so glad to share with You,my friend"..
Photobucket

Adanya saya..

Foto saya
bekasi, bekasi/jabar, Indonesia
Seorang ibu rumah tangga yang berhenti bekerja demi konsent pada buah hati yang lama di nanti.. yang membutuhkan perhatian dan penanganan khusus....Seorang wanita yang ingin mengabdi pada rumah tangga untuk meraih kemuliaanNYA.. Seorang perempuan yang haus ilmu,..ingin mendapat ilmu dan ingin berbagi dengan ilmu..dan ingin berguna karena ilmu..Seorang hamba Allah yang ingin saling menyetrumkan semangat bagi sesama...ingin tau lebih banyak,banyak merenung,ingin maju,.
"Semoga bermanfaat, salam kenal..and thanks for visiting me..">

Rabu, 08 Desember 2010

Artikel tentang Sumber Nutrisi bagi Otak yang penting buat perkembangan anak.




Photobucketmumnya semua orang tua ingin agar anaknya tumbuh sehat jasmani dan rohani. Kesehatan anak biasanya menjadi perhatian utama kita, dan biasanya seorang bunda ingin memberikan asupan makanan yang terbaik bagi si buah hati. Apalagi periode emas perkembangan otak anak dimulai dari trimester ketiga kehamilan hingga 2-3 tahun usia anak sejak ia dilahirkan.
Kita bisa menyajikan makanan tersebut dengan tidak lupa memperhatikan zat-zat apa saja yang diperlukan, terutama makanan buat nutrisi otak si kecil, karena otak paling banyak memerlukan energi (>70 %) untuk proses tumbuh kembang. Sel syaraf memerlukan nutrisi yang tepat agar bisa menjalankan fungsi, transmisi impuls syaraf akan berkerja dengan optimal jika myelin atau selubung syaraf terbentuk dengan benar. Beberapa zat gizi dari makanan menjadi bagian dari neurotransmitter yang membantu kecepatan berfikir dan memanggil ingatan.
Otak anak berukuran seperempat otak orang dewasa saat ia berusia tiga tahun, dan terus berkembang dan pada usia 5 tahun ukurannya menjadi 90% ukuran orang dewasa. Oleh karena itu pemberian nutrisi yang tepat sangat menentukan pertumbuhan otaknya dan otomatis kecerdasan si anak dikemudian hari.

1) Karbohidrat:
Karbohidrat dalam bentuk glukosa, dibutuhkan sebagai nutrisi otak yang pasokannya hatus konstan dan seimbang, yaitu koarbohidrat yang alami kompleks, karena kandungan nutrisi dan seratnya lebih banyak yang berguna menjaga kestabilan tekanan darah serta untuk mempertahankan stamina.Sebaiknya asupan buat anak untuk jenis karbohidrat ini 130 gram per hari. Ini dapat diperoleh dari : Roti gandum, nasi, kentang,pasts, sayur dan buah.Namun hati-hati kandungan gula pada permen dan beberapa makanan panggang misalnya justru membuat anak sulit berkonsentrasi serta mudah rewel.

2) Vitamin dan Mineral:
Asupan vitamin dan mineral dibutuhkan anak lebih banyak dari orang dewasa, karena dalam masa tumbuh kembangnya anak memerlukan banyak energi.Dan vitamin dan mineral merupakan salah satu penghasil energi, meningkatkan kekebalan tubuh , sistem syaraf, dan untuk proses metabolism.
Vitamin A:
-Melindungi otak dari racun dan polusi .
-Sumber: susu, daging, ikan, telur, buah dan sayuran.
Vitamin B:
-Vitamin B12 untuk menjaga kesehatan myelin, jaringan yang menelimuti sel syaraf.
-Kekurangan vitamin B6 meyebabkan anak mudah lelah dan rewel.
-Sumber :gandum,telur, sayuran hijau, nasi,daging,ikan dan kacang-kacangan.
Vitamin C :
- Untuk penyerapan zat besi, mengubah makanan menjadi otak.
-Sember : Kiwi, dan buah rasa asam lain, sayuran hijau, tomat.
Vitamin E:
-Melindungi otak, dari racun dan polusi
-Sumber : Kacang, biji-bijian, serta minyak berbahan biji-bijian.
Kalsium :
-Menenangkan saraf dan sel otot
-Sumber: produk susu, almon, alpukat, biji-bijian, sardin, dan sayuran berdaun hijau.
Magnesium
-Menenangkan saraf dan sel otot
-Sumber: Kacang kedelai, gandum, kacang, buah kering, Sayuran berdaun hijau, daging.
Kolin :
-Meningkatkan kemampuan ingatan dan mempercepat proses berfikir
-Sumber: kuning telur, sardin, hati sapi/kambing/ayam, kacang-kacangan, biji-bijian.
Seng :
-Meningkatkan kemampuan fungsi otak, daya ingat dan menghasilkan senyawa kimia penenang otak, serotonin.
-Sumber: Hewan laut bercangkang (kerang,kepiting), kacang-kacangan, gandum.
Boron :
-Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, sangat penting bagi metabolisme energi
-Sumber: Kacang, apel,brokoli, kacang polong, anggur, dan kacang-kacangan.
Zat Besi :
-Kekurangan zat besi dikaitkan dengan kelainan kognitif pada anak usia dini. Zat besi penting untuk menjaga kadar sel darah merah yang mengantarkan oksigen, penting sebagai bahan bakar pertumbuhan otak.
-Sumber:Daging berwarna merah,pemanis dari tumbuhan (seperti tebu, biji coklat, peterseli, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, hati sapi/kambing/ayam, hewan laut, bercangkang, dan sereal.
Selenium :
-Antioksidan yang melindungi otak dari logam berat, seperti timbal -Sumber: Gandum, sereal, tuna, hewan laut bercangkang, hati sapi/kambing/ayam, produk susu, telur.

3) Protein dan Asam Amino:
Protein, diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, sel-sel otak akan terbelah secara sempurna, setelah itu masing-masing sel akan berkembang atau membesar dengan baik.
Sumber : hewani : daging, telur, dan produk berbahan dasar susu. Protein : kacang dan biji-bijian.
Asam Amino : protein mengandung 25 jenis asam amino, delapan diantaranya dikenal sebagai asam amino essential yang tidak diproduksi tubuh.dan di peroleh dari luar seperti “tyrosine”, misalnya ditemukan pada ikan, produk berbahan dasar susu, oat. Membawa pengaruh positif pada suasana hati dan meningkatkan konsentrasi.sangat baik bagi anak dengan gangguan konsentrasi. Asam amino yang lain ”fenilanin” berfungsi untuk mengontrol gula darah melalui insulin.

4) Lemak dan Asam Lemak:
Otak terdiri atas 60 % lemak yang sangat krusial bagi perkembangan otak. Menambah kemampuan berfikir.dan memanggil ingatan, Jenis lemak yang sering dikonsumsi mempengaruhi komposisi lemak di otak. Kebutuhan lemak pada anak sekitar 35-45 persen dari kebutuhan kalori per hari.
Nutrisi terpenting untuk otak dan fungsi penglihatan anak berasal dari jenis lemak tak jenuh rantai panjang (polyinsaturated fatty acid), seperti omega 3, omega 6. Merupakan asam lemak essential yang utama untuk komponen membran sel otak anak.Jika kekurangan sel-sel otak akan memproduksi asam lemak subtitusi/pengganti, yang malah membahayakan . hal ini kerap ditemukan pada penderita depresi dan anak dengan gangguan konsentrasi (attention deficit)
Sumber omega 3 : ikan tuna, salmon, telur, sayur-sayuran.
Mencakup Asam lonolenat atau alpha linolenic acid (ALA), eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA)
Sember omega 6 : kacang-kacangan,biji-bijian, jagung, dan minyak bunga matahari.
Meliputi asam linoleat acid atau linoleic acid (LA) gamma linolenic acid (GLA),dihomogamma linolenic acid (DGLA) dan arachidonic acid (AA).


DHA dan AA sebagai Nutrisi Otak :


PENTINGNYA DHA bagi Otak :



(Sumber : Majalah Parents, Majalah Nakita)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Would you like to leave your Comment?..