I tell you ...

Happy Icon" Dear all visitors who wants tobe my friend, I'm glad sharing my blog with you,..
And so We can learn together...about all things that usefull...
Don't forget to leave your comment.I'm proud for reading
them. And so glad to share with You,my friend"..
Photobucket

Adanya saya..

Foto saya
bekasi, bekasi/jabar, Indonesia
Seorang ibu rumah tangga yang berhenti bekerja demi konsent pada buah hati yang lama di nanti.. yang membutuhkan perhatian dan penanganan khusus....Seorang wanita yang ingin mengabdi pada rumah tangga untuk meraih kemuliaanNYA.. Seorang perempuan yang haus ilmu,..ingin mendapat ilmu dan ingin berbagi dengan ilmu..dan ingin berguna karena ilmu..Seorang hamba Allah yang ingin saling menyetrumkan semangat bagi sesama...ingin tau lebih banyak,banyak merenung,ingin maju,.
"Semoga bermanfaat, salam kenal..and thanks for visiting me..">

Sabtu, 05 Mei 2012

Aneka Jenis TEPUNG


Aneka Jenis tepung dibawah ini, di buat dari bahan-bahan yang di dapat di pasaran, selain tepung terigu yang kita kenal selama ini, dimaksudkan bukan  sebagai  pengganti, tetapi memperkaya produk pangan kita.

(1)    TEPUNG SINGKONG /MOCAF/MOCAL (Modified Cassava Flavour) :
Sebelum digiling menjadi tepung, singkong dikeringkan setelah melalui  proses fermentasi.
Tepung ini mengandung Kalsium dan karbohidrat yang tinggi, jika dibanding jenis umbi-umbian lainnya. Karena menyerupai tampilan tepung terigu. maka disebut terigu nomor dua. Digunakan : Sebagai roti tawar, roti manis, cake, dan biskuit. Dengan karakteristik : Tidak beraroma, karena tidak mengandung Gluten, Pengembangannya tidak sebaik tepung terigu.



(2)    TEPUNG UBI UNGU :
Mengandung sejenis antosianin, yaitu pigment warna alami yang  berfungsi  sebagai anti oksidant.
Digunakan : sebagai campuran pada cookies,tart,biskuit,brownies, muffin, pancake,waffle, dan es krim. Karakteristik warna ungu yang diberikan cukup kuat dengan aroma khas ubi.



(3)    TEPUNG GANYONG :
beberapa mengenalnya sebagai  mbote, dibuat sebagai tepung karena kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Selain bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada balita, juga bermanfaat untuk mengurangi sakit pencernaan dan sering digunakan untuk menyembuhkan sakit malnutrisi.
Digunakan : untuk membuat jenang, pudding, kue kering, kue basah, mi, dan bahkan roti. dengan karakteristik : tidak ada aroma tertentu, hanya teksturnya lebih lembut.



(4)    TEPUNG JAGUNG:
mengandung kalsium dan karoten sebagai provitamin A.Digunakan : mie dengan warna kuningnya yang cantik. karakteristik: mie yang tercipta tidak seelatis mi dari tepung terigu.



(5)    TEPUNG BERAS KETAN :
dari beras ketan hitam atau putih. Jika hendak diolah sebaiknya pilih yang baru digiling, selain tidak cepat tengik, tekstur akan lebih kenyal dengan cita rasa yang lebih enak. banyak digunakan pada kue-kue basah tradisional. dengan tekstur yang lengket.



(6)    TEPUNG PISANG :
dibuat dari jenis pisang plantain, seperti  pisang  tanduk, kepok. bukan pisang yang langsung dimakan (pisang ambon).Digunakan untuk membuat cookies atau es krim, brownies, dan terkadang campuran makanan bayi. karakteristik : Cake yang dihasilkan cenderung lebih lembab dan teksturnya sedikit “berat”



(7)    TEPUNG SUKUN :
Dibuat dari daging buah sukun yang telah dikeringkan dan digiling halus.Digunakan sebagai bahan kue basah,Brownies, dan aneka jajanan pasar. dengan karakteristik kue menjadi sedikit “ berat” dengan aroma khas sukun yang masih kentara.



NOTES :

1.       Untuk Pembuatan Roti : 
          Ganti sekitar 10% - 15% tepung terigu dengan tepung non- terigu.
2.       Untuk pembuatan Cake: Tepung terigu bisa diganti 65% dengan tepung non- terigu.
3.       Untuk prmbuatan Cake/Biskuit : tepung terigu yang digunakan 25% - 50%.
4.       Perlu di ingat bahwa penggantian tepung terigu ke tepung non-terigu mengakibatkan  
          tekstur lebih “ berat” karena serat pada tepung non- terigu jauh lebih besar.


SEMOGA BERMANFAAT..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Would you like to leave your Comment?..