I tell you ...

Happy Icon" Dear all visitors who wants tobe my friend, I'm glad sharing my blog with you,..
And so We can learn together...about all things that usefull...
Don't forget to leave your comment.I'm proud for reading
them. And so glad to share with You,my friend"..
Photobucket

Adanya saya..

Foto saya
bekasi, bekasi/jabar, Indonesia
Seorang ibu rumah tangga yang berhenti bekerja demi konsent pada buah hati yang lama di nanti.. yang membutuhkan perhatian dan penanganan khusus....Seorang wanita yang ingin mengabdi pada rumah tangga untuk meraih kemuliaanNYA.. Seorang perempuan yang haus ilmu,..ingin mendapat ilmu dan ingin berbagi dengan ilmu..dan ingin berguna karena ilmu..Seorang hamba Allah yang ingin saling menyetrumkan semangat bagi sesama...ingin tau lebih banyak,banyak merenung,ingin maju,.
"Semoga bermanfaat, salam kenal..and thanks for visiting me..">
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Senin, 27 Desember 2010

Tips SAYANG JIKA DILEWATKAN...(part-4)



Ini postingan selanjutnya dari tips-tips di keseharian kita kali ini lebih luas tidak hanya mengenai sesuatu yang berguna bagi tubuh kita.tapi praktis buat di kehidupan kita sehari-hari . terutama bagi ibu rumah tangga di rumah, yang sering mendapatkan kondisi yang seperti di bawah ini.

• Tips menggoreng daging dendeng agar empuk..

Dendeng yang terlalu lama di goreng akan menyebabkan cepat kering dan keras. Serta rasanya tidak sedap lagi. Untuk hasil yang sempurna lakukan cara berikut: Sebelum dendeng digoreng di minyak yang panas, celupkan terlebih dahulu dalam air. Beberapa detik setelah digoreng Baliklah, dendeng jangan terlalu lama di goreng. Sehingga dendeng menjadi lebih enak dan empuk.

• Cara mudah mengupas kulit udang..

Terkadang kuliut udang sangat sulit dikupas. Dan membuat kerja jadi agak lama.lakukan cara berikut: Campurkan cuka atau air perasan jeruk nipis. Diamkan beberapa saat. Niscaya kulit akan mudah dikupas. Dan bau amis akan berkurang.

• Bawang goreng lebih renyah dan tahan lama..
Kita sering menggunakan bawang goreng siap pakai untuk ditaburkan di aneka masakan kita.bawang goreng yang renyah dan tahan lama. Amat enak untuk dikonsumsi. Caranya. Ambil bawang yang akan diolah. Kupas kulitnya, cuci bersih tiriskan dan iris tipis-tipis. Sebelum digoreng taburi dengan sedikit garam goreng sampai agak kecoklatan ,lekas angkat karena bawang goreng cepat jadi gosong. Atau bisa juga dengan menaburkan tepung terigu sedikit sebelum digoreng.

• Saat dibawa ikan asin tidak bau..

Penggenar ikan asin memang banyak.dan kadang dijadikan oleh-oleh. Hanya baunya sangat tidak enak.apalagi jika dibawa di perjalanan. Cara yang jitu untuk menghilangkan bau ikan asin tersebut adalah dengan menaburkan kopi diatas permukaan ikan, lalu dibungkus dengan koran. Niscaya bau ikan asin tidak menganggu lagi.

• Keripik Kentang yang renyah dan gurih.
Untuk mendapatkan cemilan kripik kentang yang renyah, dan gurih. Lakukan cara berikut ini :
Kupas kentang, iris tipis , rendam dengan air hangat, beri sedikit kapur sirih, diamkan sekitar 30 menit, angkat, cuci bersih goreng dengan minyak yang penuh dan panas.

• Menggoreng ikan agar tidak hancur..

Terkadang jika menggoreng ikan lengket di wajan, dan hancur. Untuk itu siasati dengan melumuri ikan dengan garam dan perasan air jeruk purut. Diamkan sejenak. Goreng dengan minyak agak banyak. Ikan tidak hancur dan menjadi lebih cantik.

• Sayur daun singkong menjadi lebih lezat?..
Ambil daun singkong yang akan dimasak, buang tangkainya, iris kecil-kecil, cuci bersih, rebus, beri sedikit garam, biarkan sesaat mendidih, angkat, cucilah daun singkong berkali-kali sambil diremas, tiriskan. Dan siap diolah, hasilnya daun singkong jauh lebih lezat,tidak langu, serta lebih lezat.

• Merebus babat agar cepat empuk..

Babat yang hendak diolah , agar cepat empuk dan bagus hasilnya. Pada saat direbus masukkan segenggam beras yang telah dicuci bersih sekitar 30 menit direbus. Angkat tiriskan dan siap untuk diolah.

• Tips membersihkan belut..

Belut memang terlalu licin kulitnya dan berlendir.untuk itu lakukan dengan cara taruh belut diatas ember taburi abu gosok secukupnya diamkan beberapa saat.karena abu gosok bersifat menyerap lendir.

• Cara membuat Kaldu yang lezat..
Kaldu sering dipakai sebagai bahan penyedap pada masakan kita, selain proteinnya tinggi,masakan terasa bertambah lezat. Untuk mendapatkan kaldu yang lezat adalah dengan cara : Rebuslah daging dengan air dua kali lipat yang kita butuhkan dan tak lupa ditambahkan irisan daun seledri dan daun bawang, serta bawang bombay. Setelah mendidih kotoran yang naik ke permukaan angkat dan setelah bersih, tunggulah air tingal setengahnya. Maka kaldu yang lezat sudah didapatkan.

• Agar sayuran awet dan tetap segar..

Siangi sayuran , kemudia cuci bersih, tiriskan, setelah kering bungkus dengan selembar koran, tak lupa masukkan dalam kantong plastik. Simpan di dalam lemari es. Kertas koran berfungsi untuk menyerap air embun yang terjadi sehingga sayur anda tidak mudah membusuk. Selamat mencoba.

• Agar telur yang direbus tidak pecah..

Seringkali apabila kita merebus telur, telur tersebut pecah.Nah agar tidak pecah anda dapat melakukan cara ambil daun sirih, remas-remaslah dalam mangkuk air telur yang akan direbus celupkan beberapa saat didalam air daun sirih tersebut. Hasilnya telur berwarna coklat kekuningan, dan tidak pecah lagi.

• Mengawetkan cabai merah..
Dengan sifatnya yang mudah membusuk dan harganya yang saat ini lumayan mahal. Kita bisa mengakali persediaan cabai kita supaya lebih tahan lama. Dengan cara : Ambil sejumlah cabai, cuci bersih, rebuslah sebentar, buang bijinya, jemurlah hingga kering. Dan simpan di tempat yang berlubang agar cabai tidak berjamur.Dengan cara demikian cabai akan tahan lama, anda dapat menghemat, jika hendak digunakan rendam sejenak dalam air panas, agar lebih lunak. Ketika hendak dihaluskan.

• Mendapatkan Sayur Rebung lebih lezat..
Ambil rebung, kuliti, iris tipis, cuci bersih, rebus setengah mendidih, buang air rebusan.Gantilah dengan air yang baru serta masukkan 3 sendok makan garam serta 3 butir kemiri yang dihaluskan.Panaskan sampai mendidih,lalu angkat. Tiriskan dan sayur rebung anda siap untuk diolah menjadi masakan favorit anda.

• Kacang kulit Rebus tidak cepat basi..
Kacang kulit cepat sekali berlendir dan menyebabkan basi.Caranya agar tidak demikian yaitu :
Ambil kacang yang hendak direbus, lalu cuci bersih kemudian rebuslah.Tambahkan sedikit garam, tambahkan sedikit tawas sebesar dadu. Lalu rebus hingga matang, tiriskan selagi hangat. Diamkan sampai kacang dingin. Alhasil kacang lebih awet tahan hingga dua hari, tanpa dipanaskan lagi.

• Air minum tidak berbau kaporit lagi..
Merebus air minum terkadang berbau kaporit, dan itu menyebabkan air minum jadi terasa kurang enak. Untuk mengatasinya lakukan dengan cara: Ambil selembar daun pandan cuci bersih, rebuslah bersama air yang hendak diminum tadi, hasilnya air minum jauh lebih harum.Gunakan daun pandan segar agar air minum tidak berubah warna.

• Menyimpan bumbu dapur agar awet..
Seringkali bumbu dapur menjadi lembab dan berkutu , untuk mencegahnya lakukan dengan cara ambil arang yang telah dicuci bersih, jemur sampai benar-benar kering. Bungkus dalam kain, dan simpan ditempat wadah bumbu anda.

Gurihnya masakan tanpa vetsin atau bumbu penyedap..
Kadang kita memang agak protektif pada makanan yang mengandung MSG (Monosodium Glutamat) yang terdapat banyak di vetsin dan bumbun penyedap. Tapi jika tidak memakai itu masakan jadi kurang sedap, dan agak hambar. Caranya berilah sedikit kemiri yang telah disangrai serta garam dangula. Untuk sayur yang tidak memakai kemiri anda cukup menambahkan garam dan gula.

• Tepung terigu cepat apek?..
Agar tidak cepat berbau apek. Masukkan tepung terigu dalam kertaas, jangan di kantung plastik. Tutup rapat dan simpan dalam lemari es.

• Menghilangkan bau pedas pada cabai..

Ambil gula pasir setangah sendok teh, taburkan ke dalam minyak yang akan dipakai untuk menggoreng cabai.


SELAMAT MENCOBA..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Would you like to leave your Comment?..